Implementasi metode takrar berbasis pesantren dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan social skill peserta didik kelas VIII pada pokok bahasan pesawat sederhana

Pitaloka, Putri Diah (2023) Implementasi metode takrar berbasis pesantren dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan social skill peserta didik kelas VIII pada pokok bahasan pesawat sederhana. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808066007_Putri Diah Pitaloka_Full Skripsi] Text (Skripsi_1808066007_Putri Diah Pitaloka_Full Skripsi)
Skripsi_1808066007_Putri Diah Pitaloka_Full Skripsi - Putri Pitaloka (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi metode takrar berbasis pesantren dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan social skill peserta didik kelas VIII pada pokok bahasan pesawat sederhana. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Non-equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII K dan VIII M MTs Zainul Hasan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes soal pilihan ganda, angket dan lembar observasi social skill. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode takrar dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil tes kemampuan kognitif dan social skill peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang didasarkan pada hasil uji-t dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada taraf signifikasi 5%. Peningkatan kemampuan kognitif dan social skill peserta didik juga ditunjukkan berdasarkan perolehan nilai N-Gain kemampuan kognitif pada kelas eksperimen sebesar 0,56 dengan kategori sedang dan N-Gain social skill sebesar 0,57 dengan kategori sedang. Sedangkan perolehan nilai N-Gain kemampuan kognitif pada kelas kontrol sebesar 0,25 dengan kategori rendah dan nilai N-Gain social skill sebesar 0,35 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi metode takrar berbasis pesantren dalam pembelajaran fisika dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan social skill peserta didik kelas VIII pada pokok bahasan pesawat sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode takrar; Kemampuan kognitif; Social skill
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:38
Last Modified: 06 Nov 2024 04:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24903

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics