Efektivitas model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) menggunakan PhET terhadap pemahaman konsep hukum newton kelas VIII SMPN 16 Semarang

Nurvianti, Yahya (2023) Efektivitas model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) menggunakan PhET terhadap pemahaman konsep hukum newton kelas VIII SMPN 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808066029_Yahya Nurvianti_Lengkap Tugas Akhir - Yahya Nurvianti] Text (Skripsi_1808066029_Yahya Nurvianti_Lengkap Tugas Akhir - Yahya Nurvianti)
Skripsi_1808066029_Yahya Nurvianti_Lengkap Tugas Akhir - Yahya Nurvianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran fisika pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Semarang yang masih berpusat pada pendidik yang mengakibatkan kurangnya keterlibatan peserta didik dalam diskusi dan kerjasama saat proses penbelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk bagaimanakah efektivitas model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) menggunakan PhET terhadap pemahaman konsep hukum Newton kelas VIII SMPN16 Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental yang menggunakan dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 16 Semarang, dengan sampel VIII A kelas eksperimen dan VIII B kelas kontrol. Penelitian menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dengan menerapkan model pembelajaran GI-GI menggunakan PhET dengan pemahaman konsep untuk variabel terikatnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes pemahaman konsep melalui tes pilihan ganda. Tes yang digunakan untuk mendapatkan data hasil pretes dan postes dari kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data yang digunakan uji-t yang diperoleh Thitung 3,715 dengan taraf signifikansi 0,05 didapat ttabel 1,671 karena Thitung>ttabel dan uji t diperoleh nilai sig 2-tailed 0,000. Hasil nilai sig 2-tailed 0,000<0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan model pembelajaran GI-GI menggunakan PhET dapat meningkatkan pemahaman konsep pada peserta didik pada materi hukum Newton.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry); PhET; Pemahaman konsep; Hukum newton
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 07 Nov 2024 00:54
Last Modified: 07 Nov 2024 00:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24912

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics