efektivitas model problem based learning berorientasi computational thinking pada pembelajaran fisika SMA materi gelombang bunyi
Nasiroh, Nanan (2023) efektivitas model problem based learning berorientasi computational thinking pada pembelajaran fisika SMA materi gelombang bunyi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKripsi_1908066045_Nanan Nasiroh_Lengkap Tugas Akhir - Nanan Nasiroh UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Revolusi Industri 4.0 adalah fenomena abad ke-21 yang ditandai oleh kemajuan teknologi dan informasi yang pesat. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi tingkat efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi Computational Thinking (CT) materi gelombang bunyi kepada siswa kelas X di SMA Semesta Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian Pre-test-Post-test Control. Populasi penelitian mencakup semua kelas X di SMA Semesta Semarang, dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas XD sebagai kelompok eksperimen dan kelas XC sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian melibatkan model PBL berorientasi CT sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Data dikumpulkan melalui tes, dokumentasi, dan wawancara, dengan tes pilihan ganda sebagai instrumen utama. Data pre-test digunakan untuk mengevaluasi normalitas dan homogenitas sebagai langkah awal, sementara data post-test digunakan untuk menguji hipotesis penelitian sebagai langkah akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berorientasi CT efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, seperti yang terbukti dengan t_hitung = 3.063 > t_tabel = 1.689 maka Ha; Model PBL Berorientasi CT Pada Pembelajaran Fisika SMA Materi Gelombang Bunyi efektif terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Semesta Semarang. Tingkat keefektifannya dibuktikan dengan uji N-gain PBL berorientasi CT sebesar 0,59 dengan kriteria sedang dan dibuktikan dengan uji effect size diperoleh nilai 1,07 dengan kriteria tinggi. Sehingga model PBL berorientasi CT mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gelombang bunyi;, Hasil belajar; Problem Based Learning (PBL); Computational Thinking (CT) |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 07:27 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 07:27 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24973 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year