Efektivitas model pembelajaran two stay two stray berbantuan mind mapping terhadap prestasi belajar siswa SMK pada materi energi

Nisa, Zakiyatun (2023) Efektivitas model pembelajaran two stay two stray berbantuan mind mapping terhadap prestasi belajar siswa SMK pada materi energi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066049_ZAKIYATUN NISA_Full] Text (Skripsi_1908066049_ZAKIYATUN NISA_Full)
Skripsi_1908066049_ZAKIYATUN NISA_Full_Skripsi - Zakiyatun Nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Model pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan mind mapping dalam mencapai prestasi belajar siswa SMK Negeri 01 Bulakamba pada materi energi. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang berbeda yaitu kelas eksperimen X Teknik Otomotif 3 (TO 3) dan kelas kontrol X Teknik Otomotif 2 (TO 2). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan perhitungan uji-T yang dilakukan diperoleh thitung=7,030 > ttabel=1,995 maka Haditerima yaitu adanya perbedaan rata-rata prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TSTS berbantuan mind mapping dengan yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Keefektifan model pembelajaran ditinjau dari hasil uji N-gain. Nilai N-gain kelas eksperimen 0,5 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 0,16. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TSTS berbantuan mind mapping efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 01 Bulakamba pada materi energi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model two stay two stray; Mind Mapping; Prestasi belajar
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Nov 2024 07:37
Last Modified: 08 Nov 2024 07:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24975

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics