Pengaruh kemandirian belajar dan gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs Roudlotusysyubban Pati pada materi SPLDV

Haliza, Siti Nur (2023) Pengaruh kemandirian belajar dan gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs Roudlotusysyubban Pati pada materi SPLDV. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056023_Siti Nur Haliza_Full] Text (Skripsi_1708056023_Siti Nur Haliza_Full)
Skripsi_1708056023_Siti Nur Haliza_Full Skripsi - Siti Nur Haliza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di MTs Roudlotusysyubban Pati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs Roudlotusysyubban Pati pada materi SPLDV; pengaruh yang signifikan gaya kognitif (X_2) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis (Y) siswa kelas VIII MTs Roudlotusysyubban Pati pada materi SPLDV; pengaruh kemandirian belajar (X_1) dan gaya kognitif (X_2) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis (Y) siswa kelas VIII MTs Roudlotusysyubban Pati pada materi SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di MTs Roudlotusysyubban Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Roudlotusysyubban Pati tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini sama dengan populasi yaitu 30 siswa kelas VIII MTs Roudlotusysyubban Pati. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket kemandirian belajar, tes GEFT, dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi SPLDV. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket, dan tes. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji regresi yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis sebesar 64,97%; terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu sebesar 8,66% dari gaya kognitif FD dan 65% dari gaya kognitif FI; dan terdapat pengaruhyang signifikan kemandirian belajar dan gaya kognitif secara simultan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis sebesar 78,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar; Gaya kognitif; Kemampuan berpikir kreatif; Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Nov 2024 07:43
Last Modified: 11 Nov 2024 07:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25012

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics