Implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran fiqih di MI Ma’arif Madusari Secang Magelang tahun 2010
Sholatun, Sholatun (2011) Implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam pembelajaran fiqih di MI Ma’arif Madusari Secang Magelang tahun 2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111218_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (568kB) | Preview
73111218_bab1.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
73111218_bab2.pdf - Accepted Version
Download (106kB) | Preview
73111218_bab3.pdf - Accepted Version
Download (61kB) | Preview
73111218_bab4.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
73111218_bab5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
73111218_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pembelajaran fiqih di MI Ma’arif Madusari Secang Magelang. 2) Mengetahui implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning dalam pembelajaran fiqih di MI Ma’arif Madusari Secang Magelang tahun 2010.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang dimaksudkan hanya dengan membuat deskripsi atau narasi dari suatu fenomena, tidak untuk mencari hubungan antar variabel, ataupun menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Fiqih di MI Ma’arif Madusari Secang Magelang dinilai sudah baik. Guru melakukan pembelajaran Fiqih dengan tujuan mengarahkan siswa dalam memahami, mengenal, menghayati dan mengamalkan hukum Islam yang mengarah siswa supaya taat dan bertaqwa kepada Allah SWT melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan serta pengalaman siswa sehingga menjadi muslim yang selalu bertambah keimanannya kepada Allah SWT. Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran Fiqih tersebut, guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual.
Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Fiqih di MI Ma’arif Madusari Secang Magelang berjalan dengan baik; mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, yang sesuai dengan komponen dan karakteristik serta hal-hal lain yang terkait dalam pendekatan CTL. Model pembelajaran Contextual Teaching dan Learning (CTL) merupakan suatu model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu guru mengaitkan materi yang telah diperoleh oleh peserta didik ke dalam dunia nyata. Siswa dengan segala potensi yang dimiliki, memungkinkan untuk mengembangkannya sendiri sehingga menjadi pengetahuan yang bermakna, baik sebagai individu, anggota keluarga maupun anggota masyarakat.
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Fiqih; Contextual Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 16 Jul 2014 10:45 |
Last Modified: | 16 Jul 2014 10:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2503 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year