Upaya peningatan hasil belajar fiqih menggunakan pendekatan cooperative learning tipe student team achivment divisions (STAD) (studi tindakan kelas di kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Gembong Pati tahun 2010)

Muhartoyo, Muhartoyo (2011) Upaya peningatan hasil belajar fiqih menggunakan pendekatan cooperative learning tipe student team achivment divisions (STAD) (studi tindakan kelas di kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Gembong Pati tahun 2010). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 73111221_coverdll.pdf]
Preview
Text
73111221_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 73111221_bab1.pdf]
Preview
Text
73111221_bab1.pdf - Accepted Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 73111221_bab2.pdf]
Preview
Text
73111221_bab2.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 73111221_bab3.pdf]
Preview
Text
73111221_bab3.pdf - Accepted Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 73111221_bab4.pdf]
Preview
Text
73111221_bab4.pdf - Accepted Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 73111221_bab5.pdf]
Preview
Text
73111221_bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 73111221_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73111221_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana Penerapan pendekatan cooperative learning tipe student team achivment divisions (STAD), Mata Pelajaran Fiqih materi Zakat kelas IV semester 1, di MI Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati Tahun 2010 (2) Bagaimana efektifitas penerapan model pendekatan cooperative learning tipe student team achivment divisions (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih materi Zakat kelas IV semester 1, di MI Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati Tahun 2010
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas IV semester 1, di MI Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati. Dari hasil observasi secara langsung di kelas IV melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran Fiqih yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MI Tarbiyatul Islamiyah Klakahkasihan Gembong Pati. dengan populasi 138 peserta didik, yang terdiri dari kelas I 24 peserta didik, kelas II 21 peserta didik, kelas III 23 peserta didik, kelas IV 24 peserta didik, kelas V 22 peserta didik, kelas VI 24 peserta didik. Subyek yang akan diteliti adalah peserta didik pada kelas IV yang berjumlah 24 peserta didik .

Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran cooperative learning tipe student team achivment divisions (STAD), peserta didik menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai prosentase 41,6 % dan rata-rata tes akhir 6,71. pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 66,6 % dan rata-rata tes akhir 76,6. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 78,57% dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 84. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan cooperative learning tipe student team achivment divisions (STAD).

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan Model cooperative learning tipe student team achivment divisions (STAD). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua). Dorongan belajar atau motivasi atau semangat belajar juga bisa berasal dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Cooperative Learning; Student Team Achivment Divisions (STAD); Hasil Belajar; Fiqih
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 17 Jul 2014 01:12
Last Modified: 17 Jul 2014 01:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2506

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics