Pengaruh kemandirian belajar dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada soal pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 1 Comal

Ulya, Ismatul (2023) Pengaruh kemandirian belajar dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada soal pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 1 Comal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1808056095_Ismatul Ulya_Full] Text (skripsi_1808056095_Ismatul Ulya_Full)
skripsi_1808056095_Ismatul Ulya_Full Skripsi - Isma Amsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki siswa secara teoritik diantaranya dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan kecerdasan linguistik, sehingga perlu memaksimalkan kedua hal tersebut agar kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh kemandirian belajar (X_1 ) terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) siswa pada soal pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 1 Comal; (2) apakah terdapat pengaruh kecerdasan linguistik (X_2 ) terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) siswa pada soal pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 1 Comal; (3) apakah terdapat pengaruh kemandirian belajar (X_1 ) dan kecerdasan linguistik (X_2 ) terhadap kemampuan komunikasi matematis (Y) siswa pada soal pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 1 Comal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Comal. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan VIII H yang keseluruhan berjumlah 63 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh antara kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada soal pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 1 Comal; (2) terdapat pengaruh antara kecerdasan linguistik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada soal pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 1 Comal; (3) terdapat pengaruh antara kemandirian belajar dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada soal pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 1 Comal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar; Kecerdasan linguistic; Kemampuan komunikasi matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Nov 2024 04:05
Last Modified: 13 Nov 2024 04:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25074

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics