Analisis kemampuan berpikir abstraksi matematis siswa pada materi pola bilangan ditinjau dari gaya berpikir

Masfufah, Heni (2023) Analisis kemampuan berpikir abstraksi matematis siswa pada materi pola bilangan ditinjau dari gaya berpikir. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808056103_Heni Masfufah_Lengkap] Text (Skripsi_1808056103_Heni Masfufah_Lengkap)
Skripsi_1808056103_Heni Masfufah_Lengkap Tugas Akhir - Heni Masfufah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa kemampuan berpikir abstraksi matematis masih tergolong rendah. Siswa masih kesulitan dalam merepresentasikan gagasan matematis dalam bahasa dan simbol matematika, serta membuat generalisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneskripsikan kemampuan berpikir abstraksi matematis siswa berdasarkan gaya berpikir pada materi Pola Bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 29 siswa. Dari kelas tersebut kemudian diambil tujuh responden yang terdiri dari dua siswa pada jenis gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK), Acak Konkret (AK), Acak Abstrak (AA) serta satu siswa pada jenis gaya berpikir Sekuensial Abstrak (SA). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis setiap butir soal berdasarkan indikator kemampuan berpikir abstraksi matematis meliputi (1) recognition, (2) representation, (3) structural abstraction, dan (4) structural awareness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari 29 siswa, 10 siswa memiliki gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK), 1 siswa memiliki gaya berpikir Sekuensial Abstrak (SA), 2 siswa memiliki gaya berpikir Acak Konkret (AK), dan 16 siswa memiliki gaya berpikir Acak Abstrak (AA), (2) kemampuan berpikir abstraksi matematis siswa dari kelompok gaya berpikir Acak Konkret (AK) dengan kemampuan berpikir abstraksi rendah kurang mampu pada semua indikator

berpikir abstraksi matematis. Siswa dengan jenis gaya berpikir Acak Abstrak (AA) memiliki kemampuan berpikir abstraksi matematis lebih baik, yaitu mampu menguasai semua indikator kemampuan berpikir abstraksi matematis. Siswa dengan gaya berpikir Sekuensial Abstrak (SA) dengan kemampuan berpikir abstraksi sedang mampu menguasai indikator recognition. Siswa dengan gaya berpikir Sekuensial Konkret (SK) dengan kemampuan berpikir abstraksi tinggi mampu menguasai indikator recognition dan representation, structural abstraction dan structural awareness pada soal kategori mudah dan sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir abstraksi matematis; Gaya berpikir; Siswa
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Nov 2024 01:17
Last Modified: 14 Nov 2024 01:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25087

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics