Deskripsi proses metakognisi siswa dalam pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif reflektif impulsif pada materi pola bilangan kelas VIII SMP AL Anwar Sarang Rembang

Nikmah, Durotun (2023) Deskripsi proses metakognisi siswa dalam pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif reflektif impulsif pada materi pola bilangan kelas VIII SMP AL Anwar Sarang Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi1808056108_DUROTUN NIKMAH_Full] Text (Skripsi1808056108_DUROTUN NIKMAH_Full)
Skripsi1808056108_DUROTUN NIKMAH_Full Skripsi - PM C_Durotun Nikmah UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya proses metakognisi dalam pemecahan masalah matematika. Proses metakognisi merupakan kesadaran siswa terhadap proses berpikirnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi proses metakognisi yakni gaya kognitif. Gaya kognitif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu gaya kognitif menurut Jerome Kagan (1965) yang terdiri dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan proses metakognisi siswa gaya kognitif reflektif dan impulsif dalam memecahkan masalah pola bilangan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas VIII C SMP AL ANWAR Sarang Rembang, yang selanjutnya dipilih 2 siswa gaya kognitif reflektif dan 2 siswa gaya kognitif impulsif sebagai responden penelitan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara, dilengkapi dengan instrumen yang terdiri dari soal Tes MFFT ((Matching Familiar Figure Test) untuk mengkategorikan gaya kognitif siswa, soal tes pemecahan masalah pola bilangan serta pedoman wawancara proses metakognisi. Data yang terkumpul dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa gaya kognitif reflektif memenuhi tiga tahapan metakognisi, yakni pengembangan rencana, pelaksanaan rencana atau monitoring dan evaluasi, yang ditunjukan dengan terpenuhinya indikator pada masing-masing tahapan metakognisi. Subjek gaya kognitif impulsif belum memenuhi tiga tahapan metakognisi, hal ini ditunjukan dengan adanya indikator yang belum dipenuhi pada masing-masing tahapan metakognisinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metakognisi; Pemecahan masalah; Gaya kognitif; Reflektif impulsif
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Nov 2024 02:00
Last Modified: 14 Nov 2024 02:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25089

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics