Pengaruh prokrastinasi akademik dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Karanganyar

Alimaturrofiah, Mita (2023) Pengaruh prokrastinasi akademik dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Karanganyar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056064_Mita Alimaturrofi_ah_Full] Text (Skripsi_1908056064_Mita Alimaturrofi_ah_Full)
Skripsi_1908056064_Mita Alimaturrofi_ah_Full_Skripsi - Mita Alimaturrofi_ah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya prokrastinasi akademik dan minat belajar. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifkan antara prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Karanganyar tahun ajaran 2022/2023, (2) Pengaruh yang signifkan antara minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Karanganyar tahun ajaran 2022/2023, (3) Pengaruh yang signifkan antara prokrastinasi akademik dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Karanganyar tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dengan dengan metode survei. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII MTsN 1 Karanganyar sebanyak 280 siswa dengan mengambil sampel 170 siswa dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data dengan angket dan tes. Teknik analisis data analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Karanganyar tahun ajaran 2022/2023 sebesar 13,33%. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara prokrastinasi akademik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Karanganyar tahun ajaran 2022/2023 sebesar 22,45%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara prokrastinasi akademik dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 1 Karanganyar tahun ajaran 2022/2023 sebesar 23,33%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi akademik; Minat belajar; Prestasi belajar matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Nov 2024 06:53
Last Modified: 14 Nov 2024 06:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25109

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics