Efektivitas model pembelajaran problem solving dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Kalijambe

Hanifah, Norma Umi (2023) Efektivitas model pembelajaran problem solving dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Kalijambe. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908056080_NORMA UMI HANIFAH_FULL] Text (Skripsi_1908056080_NORMA UMI HANIFAH_FULL)
Skripsi_1908056080_NORMA UMI HANIFAH_FULL_SKRIPSI - Norma Umi Hanifah UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Peneltian ini dilatarbelakangi oleh masih sedikitnya siswa yang menginterpretasi informasi pada soal dengan tiddak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dari soal, siswa belum mampu menganalisis soal dan menentukan rumus penyelesaian dengan tepat, serta sebgain besar siswa tidak menyimpulkan atau mengecek kembali dari persoalan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem solving dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Kalijambe. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu true experimental design dengan bentuk posttestt-only group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 yang berjumlah 4 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dengan tes dan dokumentasi. Hasil analsis berpikir kritis siwa diperoleh Thitung=5,843 dan ttabel=1,664 dengan demikian maka Thitung>ttabel. Hasil ini menunjukkan bahwa berpikir kritis matematis siswa yang diajar mengunakan model pembelajaran problem solving dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) lebih baik dari pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siwa materi kubus dan balok

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis matematis; Model pembelajaran problem solving; Pendekatan contextual teaching and learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Nov 2024 07:41
Last Modified: 14 Nov 2024 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25112

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics