Efektivitas model discovery learning berbasis geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi balajar pada materi dimensi tiga MAN 2 Kota Semarang
Mustaghfiroh, Choirul Aini (2023) Efektivitas model discovery learning berbasis geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi balajar pada materi dimensi tiga MAN 2 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
SKRIPSI_2008056009_Choirul Aini Mustaghfiroh_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas XII MAN 2 Kota Semarang khususnya pada materi dimensi tiga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi dimensi tiga MAN 2 Kota Semarang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain posttest only control desain dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yang digunakan adalah XII MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan XII MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes dan angket yang kemudian dianalisis menggunakan statistik uji-t.
Berdasarkan analisis tahap akhir diperoleh hasil bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 74,58 dan kelas kontrol 38,20 dari uji t independent t_hitung=11,75 >t_tabel=1,99 dan μ_1≠μ_2, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk motivasi belajar di peroleh nilai rata-rata kelas eksperimen 80,10 dan kelas kontrol 74,34 , dengan nilai t_hitung=2,571>t_tabel=2,001,μ_1≠μ_2 , maka H_0 ditolak dan H_1 diterima artinya rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan geogebra lebih baik dari pada rata-rata kelas kontrol. Disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan geogebra efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada materi dimensi tiga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model discovery; Motivasi belajar; Geogebra |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:41 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 02:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25147 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year