Hubungan antara kemandirian belajar dengan rasa percaya diri siswa kelas II MAM I Sumber kecamatan Simo kabupaten Boyolali
Setiyanto, Amin (2011) Hubungan antara kemandirian belajar dengan rasa percaya diri siswa kelas II MAM I Sumber kecamatan Simo kabupaten Boyolali. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111245_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (444kB) | Preview
73111245_bab1.pdf - Accepted Version
Download (22kB) | Preview
73111245_bab2.pdf - Accepted Version
Download (122kB) | Preview
73111245_bab3.pdf - Accepted Version
Download (29kB) | Preview
73111245_bab4.pdf - Accepted Version
Download (36kB) | Preview
73111245_bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
73111245_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Kurangnya rasa percaya diri dapat terjadi pada setiap siswa, masih ada siswa yang masih suka menggantungkan kepercayaannya pada orang lain. Salah satu yang menyebabkan adalah siswa kurang mempunyai kemandirian dalam belajar. Apabila banyak pelajar telah melakukan kemandirian belajar, maka rasa percaya dir merekapun meningkat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan rasa percaya diri siswa kelas II MAM I Sumber Simo Boyolali.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, dilaksanakan di MAM II Sumber Simo Boyolali pada bulan September sampai dengan Oktober 2010, siswa yang menjadi populasi sebanyak 40 siswa dan sampel diambil dengan sistem total sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik angket. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan uji persyaratan dengan uji normalitas, sedangkan pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahawa terdapat hubungan yang bermakna antara kemandirian belajar dengan rasa percaya diri siswa kelas II MAM I Sumber Simo Boyolali, dengan hasil uji korelasi Ptoduct Moment Pearson (rxy) sebesar 0,637 dengan jumlah sampel (N) = 40 Sisiwa pada taraf ketelitian (=5%) didapatkan rtabel = 0,312, sehingga rxy = 0,637 > rtabel = 0,312 dengan demikian ada hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan rasa percaya diri siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar; Percaya Diri |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 01:25 |
Last Modified: | 17 Jul 2014 01:25 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2516 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year