Implementasi program tartil dan tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah I Kudus
Umam, Saiful (2011) Implementasi program tartil dan tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah I Kudus. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111246_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (655kB) | Preview
73111246_bab1.pdf - Accepted Version
Download (41kB) | Preview
73111246_bab2.pdf - Accepted Version
Download (173kB) | Preview
73111246_bab3.pdf - Accepted Version
Download (73kB) | Preview
73111246_bab4.pdf - Accepted Version
Download (54kB) | Preview
73111246_bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
73111246_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini penulis lakukan bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan program Tartil dan Tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah I Kudus, dari segi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program Tartil dan Tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah I Kudus. Program ini merupakan kegiatan penunjang yang dimasukkan dalam jadual kegiatan belajar mengajar dan sebagai pembekalan terhadap siswa sebagai generasi penerus umat Islam untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, serta untuk memberi bekal pembiasaan hafalan surat-surat pendek.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian Kualitatif, dengan mendiskripsikan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an melalui program Tartil dan Tahfidz di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah I Kudus dengan metode analisis data non-statistik. Langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti dengan cara mengumpulkan semua data atau gambaran menyeluruh tentang hal-hal yang terkait dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah I Kudus. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi pada kegiatan pembelajaran Tartil dan Tahfidz Al-qur’an.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pembelajaran Al-Qur’an pada tingkat dasar sangatlah penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran yang berkaitan dengan Al-Qur’an untuk tingkat pendidikan lanjutan. Data yang didapatkan pada penelitian ini menunjukan keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain : kemampuan pedagogis guru, ketersedian waktu yang mencukupi, kondisi keluarga dan lingkungannya serta motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Baca Tulis al-Qur'an; Tartil dan Tahfidz |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 01:26 |
Last Modified: | 17 Jul 2014 01:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2517 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year