Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbasis socio-scientific issues terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perubahan energi dalam ilmu kimia
Amaliyah, Nur Inayah (2022) Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbasis socio-scientific issues terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi perubahan energi dalam ilmu kimia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808076039_SHINTA ZULFA IFFANI_LENGKAP TUGAS AKHIR - Shinta Zulfa Iffani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (13MB)
Abstract
Pembelajaran abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Menurut pengampu kimia di SMAN 1 Boja mengatakan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih perlu ditingkatkan lagi. Solusi yang ditawarkan oleh peneliti ialah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Socio-Scientific Issues diharapkan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian true experimental design dan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI-A, XI-B, dan XI-C SMAN 1 Boja. Sampel yang digunakan adalah kelas XI-B sebagai kelas kontrol dan XI-C sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata prestest pada kelas kontrol sebesar 40,1 dan pada kelas eksperimen sebesar 40,9. Sedangkan hasil rata-rata posttest pada kelas kontrol didapatkan nilai 60,76 dan pada kelas eksperimen sebesar 80,38. Hasil uji independent sampel t-test mendapatkan hasil 0,004. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Socio-Scientific Issues efektif terhadap kemampuan berpikir kritis. Peningkatan kemampuan berpikir kritis ditunjukkan dengan nilai N-gain, pada kelas kontrol sebesar 0,63 yang termasuk pada kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 0,79 yang mana dikategorikan pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Problem based learning; Socio-scientific issues; Berpikir kritis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 02:38 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 02:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25205 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year