Studi korelasi antara tingkat hafalan nazam Alfiyyah dan kemampuan memahami kitab fiqh santri tingkat tsanawiyah di pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang
Aufa, Muhammad (2011) Studi korelasi antara tingkat hafalan nazam Alfiyyah dan kemampuan memahami kitab fiqh santri tingkat tsanawiyah di pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111320_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (492kB) | Preview
73111320_bab1.pdf - Accepted Version
Download (56kB) | Preview
73111320_bab2.pdf - Accepted Version
Download (135kB) | Preview
73111320_bab3.pdf - Accepted Version
Download (78kB) | Preview
73111320_bab4.pdf - Accepted Version
Download (37kB) | Preview
73111320_bab5.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
73111320_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana tingkat hafalan nazam Alfiyyah (X) santri tingkat tsanawiyah di Pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang; 2) bagaimana kemampuan memahami kitab fiqh (Y) santri tingkat tsanawiyah di Pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang; 3) apakah terdapat korelasi antara tingkat hafalan nazam Alfiyyah (X) dan kemampuan memahami kitab fiqh (Y) santri tingkat tsanawiyah di Pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang.
Prosedur atau tahapan-tahapan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasional. Subjek penelitian sebanyak 44 responden, dan merupakan penelitian populasi. Dalam pengumpulan data menggunakan metode tes, kemudian untuk menjaring data X digunakan instrumen tes kecakapan (performance test) dengan lisan (oral), dan untuk menjaring data Y digunakan tes tertulis (written test). Instrumen tes tertulis terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product-moment. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) tingkat hafalan nazam Alfiyyah santri tingkat tsanawiyah di Pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang termasuk dalam kategori “baik”. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata (mean) yang diperoleh, yaitu sebesar 73,7 yang berada pada kelas interval 71,0 – 80,6; (2) kemampuan memahami kitab fiqh santri tingkat tsanawiyah di Pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang tergolong dalam kategori “lebih dari cukup”. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata (mean) yang didapat, yakni sebesar 66,0 yang berada pada kelas interval 60,1 – 71,0; (3) terdapat korelasi yang signifikan antara tingkat hafalan nazam Alfiyyah dan kemampuan memahami kitab fiqh santri tingkat tsanawiyah di Pesantren Al-Itqon Gugen Kota Semarang, karena pada kenyataannya nilai rhitung (koefisien korelasi) yang diperoleh, yaitu 0,70038, lebih besar dari rtabel, baik pada taraf signifikansi (α) 5% (rhitung > rtabel = 0,700 > 0,304) maupun (α) 1% ( rhitung > rtabel = 0,700 > 0,393), kemudian tidak negatifnya koefisien korelasi yang diperoleh menunjukkan adanya korelasi sejajar yang searah (positif) antara variabel X dan variabel Y. Jadi, apabila tingkat hafalan nazam Alfiyyah santri itu naik, maka kemampuannya memahami kitab fiqh cenderung naik. Koefisien determinasi (KD = rxy2 x 100) sebesar 49,05; ini berarti bahwa 49,05% kemampuan memahami kitab fiqh (variabel Y) turut ditentukan oleh tingkat hafalan nazam Alfiyyah (variabel X).
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, tenaga pendidik, khususnya di lingkungan pesantren, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, terutama dalam mengoptimalkan hafalan sebagai sebuah metode pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kitab Fiqh; Hafalan Nazam Alfiyyah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 07:44 |
Last Modified: | 18 Jul 2014 07:44 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2531 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year