Pengaruh persepsi tentang fasilitas belajar dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bumijawa kabupaten Tegal
Wiyono, Tulus (2014) Pengaruh persepsi tentang fasilitas belajar dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Bumijawa kabupaten Tegal. Masters thesis, IAIN Walisongo.
105112110_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version
Download (319kB) | Preview
105112110_Tesis_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (655kB) | Preview
105112110_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
105112110_Tesis_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (176kB) | Preview
105112110_Tesis_Bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (104kB)
105112110_Tesis_Bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
105112110_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
105112110_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (31kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh persepsi tentang fasilitas belajardan motivasi berprestasi peserta didik terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam pada SMP Negeri 3 Bumijawa. Hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh persepsi tentang fasilitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar PAI pada peserta didik SMP negegri 3 Bumijawa Kabupaten Tegal
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMP 3 Bumijawa kelas VIII sebanyak 117 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 36 peserta didik yang ditentukan berdasarkan teori Arikunto yang memberikan batasan apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya, jika subjeknya besar dapat diambil sampel antara 10-15 % atau 20-25% atau lebih dengan teknik proporsional random sampling secara undian. Teknik pengumpulan data untuk variabel fasilitas belajar, cara belajar, dan motivasi berprestasi melalui angket, sedangkan untuk variabel prestasi belajar pendidikan agama Islam menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik regresi ganda.
Hasil penelitian; (a) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar sebesar 25,3%. (b) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar 25,7%. (c) pengaruh persepsi tentang fasilitas belajar dan motivasi berprestasi peserta didik terhadap prestasi belajar sebesar 38,5%. Saran: (a) kepada guru, agar dapat meningkatkan motivasi berprestasi peserta didik melalui proses pembelajaran yang menekankan keterlibatan peserta didik dan melibatkan guru bimbingan dan konseling, dapat membuat rencana pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas belajar yang dapat meningkatkan pembelajaran yang interaktif, agar dapat memilih dan menentukan jenis media pembelajaran yang sesuai dengan tema pelajaran, (b) kepada peserta didik, supaya belajar menggunakan fasilitas belajar yang mendukung pembelajaran dapat mempermudah peserta didik untuk menguasai materi pelajaran, peserta didik lebih interaktif dalam proses pembelajaran, sehingga akan memperoleh pengalaman yang lebih luas dan nyata, jadikan proses pembelajaran sebagai ajang berkompetisi untuk menguasai dan memahami materi sehingga pada saat ulangan atau ujian peserta didik terdorong untuk memperoleh nilai yang memuaskan.
ABSTRACT
Achievement of learners can be affected by several factors , both factors of the learners as well as external factors . Both of these factors is very powerful . Factors that influence can be a learning facility , learning , and achievement motivation learners . The problem of this study , whether there is influence learning facility , learning , and achievement motivation of learners simultaneously on learning achievement at junior high school subjects PAI Bumijawa School 3 . The purpose of this study was to determine the effect of learning facilities , how to learn , and achievement motivation of learners on learning achievement simultaneously subjects of Islamic religious education students of SMP Negeri 3 Bumijawa .
Types of quantitative research . The population was 3 Bumijawa junior learners as much as 117 eighth grade . Sample size was 36 students Arikunto determined based on the theory that imposes limits when the subject is less than 100 , better taken all of that research is the study population . Furthermore , if the subject is large can be sampled between 10-15 % or 20-25 % or more with proportional random sampling technique lottery . Data collection techniques for variable learning facility , learning , and achievement motivation through a questionnaire , while the variable learning achievement for Islamic religious education use documentation techniques . The data analysis technique used is to use multiple regression techniques .
The results of the study : (a ) the effect of learning facilities to learning achievement of 27.4 % . ( b ) the effect of learning on learning achievement of 32.5 % . ( c ) the effect of achievement motivation on learning achievement of learners at 21.9 % . ( d ) the effect of learning facility , learning , and achievement motivation of learners on learning achievement of 54.6 % . Suggestion : ( a) the teacher ( b ) to students.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Belajar; Motivasi Berprestasi; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 10 Sep 2014 04:31 |
Last Modified: | 10 Sep 2014 04:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2542 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year