Musykilāt isti‘māl ma‘mal al-lugah wa ḥallihā fī ta‘līm al-lugah al-`Arabiyyah fī as-ṣaff al-‘āsyir bi al-madrasah al-Islāmiyyah Roudlotut Tholibin al-‘āliyyah Pakis Pati
Faizin, Ahmad (2011) Musykilāt isti‘māl ma‘mal al-lugah wa ḥallihā fī ta‘līm al-lugah al-`Arabiyyah fī as-ṣaff al-‘āsyir bi al-madrasah al-Islāmiyyah Roudlotut Tholibin al-‘āliyyah Pakis Pati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
063211047_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (650kB) | Preview
063211047_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (151kB) | Preview
063211047_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (282kB) | Preview
063211047_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (180kB) | Preview
063211047_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (203kB) | Preview
063211047_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (79kB) | Preview
063211047_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (103kB) | Preview
063211047_Lampiran.pdf - Supplemental Material
Download (647kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah yang diajukan oleh penulis adalah: 1), Bagaimana penggunaan laboratorium bahasa dalam pembelajaran bahasa arab, 2), Apa problematika penggunaan laboratorium bahasa dalam pembelajaran bahasa arab, 3), Bagaimana solusi dari problematika penggunaan laboratorium bahasa dalam pembelajaran bahasa arab kelas sepuluh di MA Perguruan Islam Roudlotut Tholibin Pakis Pati.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan Survay. Metode yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode yang di gunakan untuk menganalisis data adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu menggambarkan makna data atau fenomena yang dapat ditangkap oleh peneliti dengan cara mengajukan bukti-buktinya baik melalui wawancara, observasi ataupun dokumentasi, dan di bantu dengan teknik triagulasi data yaitu reduksi data, display data, dan konklusi.
Kajian in menunjukkan bahwa Penggunaan laboratorium bahasa dalam pembelajaran bahasa arab kelas sepuluh di MA Perguruan Islam Roudlotut Tholibin Pakis Pati, adalah dengan persiapan yang baik dari guru, siswa, memilih materi dan metode yang sesuai sebelum menggunakan laboratorium bahasa, proses pembelajaran di mulai dengan pembukaan, memutarkan tema dan mengulang-ngulangnya, menterjemahkan, dan tanya jawab. Serta adanya seorang yang mampu untuk mengoperasikan dan menjaga alat-alat yang ada di laborat bahasa.
Adapun problematika penggunaangun laboratorium bahasa itu muncul dari keadaan siswa, guru dan media (laboratorium bahasa) yang digunakan. Sedangkan solusi yang bisa diberikan oleh penulis adalah; problematika dari siswa : memperbanyak latihan dan praktek, serta mengikuti kegiatan Aplikasi Bahasa yang telah ada di sekolah. Problematika dari guru: dengan memilih materi dan metode yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran di laboratorium bahasa. Problematika dari media: menggunakan sound system utama untuk mengevalusi ketrampilan siswa atau dengan menggunakan software yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laboratorium Bahasa; Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 12 Sep 2014 08:20 |
Last Modified: | 12 Sep 2014 08:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2554 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year