Konseling individu untuk menumbuhkan konsep diri bagi korban bullying di MI Arrosyad Bergaslor Ungaran
Rahma, Allya (2024) Konseling individu untuk menumbuhkan konsep diri bagi korban bullying di MI Arrosyad Bergaslor Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1901016141_Allya_Rahma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas knseling individu dalam menumbuhkan konsep diri pada korban bullying. Bullying merupakan masalah yang cukup serius yang bisa mempengaruhi Pendidikan korban dan juga dapat berpengaruh terhadap sesehatan mental korban, krban merasa minder, takut untuk bertemu dengan teman- teman, nilai seklah juga menjadi rendah. Konsep diri yang positif merupakan salah satu factor yang dapat membantu korban bullying untuk memulihkan rasa percaya diri yang sehat.
Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertempat di MI Arrosyad Bergaslor Ungaran dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari Tujuh korban bullying teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari pelaksanaan Konserling Individur Urnturk Mernurmburhkan Konserp Diri Bagi Korban Burllying di MI Arrosyad Berrgaslor dengan merlaluri tiga tahap yaitur: Tahap awal, dalam tahap ini konserlor ataur gurrur harurs bisa mermbangurn hurburngan baik derngan siswa ataur kliern, Tahap perrterngahan (tahap kerrja), dalam tahap ini Gurrur dan siswa ataur kliern mernyerpakati kontrak perrjanjian yang terlah di burat di awa konserling. Prosers serlanjurtnya, konserlor murlai mernggali masalah yang serdang di hadapi olerh siswa ataur kliern serrta mermberri tanggapan terrhadap perrmasalahan terrserburt. Tahap akhir, tahap akhir merrurpakan prosers konserling yang ditandai derngan adanya perrurbahan pada diri siswa ataur kliern, dalam tahap ini gurrur dan siswa ataur kliern mernarik kersimpurlan dari hasil prosers konserling, merngervalurasi prosers konserling serrta merngamati perrurbahan yang terrjadi pada diri kliern. Perlaksanaan konserling individur di MI Arrosyad Berrgaslor Urngaran terrburkti erferktif dalam mermbantur korban burllying merngermbangkan konserp diri yang lerbih positif. Konserling individur yang diberrikan olerh gurrur dapat merngurbah konserp diri siswa yang tadinya nergatifr mernjadi konserp diri yang positif, serperrti yang awalnya korban itur terrturturp, minderr, takurt urnturk berrangkat ker serkolah kini korn berrani urnturk tampil lerbih perrcaya diri, surdah tidak takurt lagi urnturk berrangkat kerserkolah, korban mernjadi lerbih terrburka dan berrani urnturk berrbaurr kermbali derngan terman- termannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Individu; Konsep Diri; Bullying |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) |
Depositing User: | Keisha Ainaya Fatikha |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:53 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25623 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year