Persepsi jamaah haji Kendal terhadap pelayanan transportasi selama puncak haji tahun 2023

Nisaurrohmah, Intan (2024) Persepsi jamaah haji Kendal terhadap pelayanan transportasi selama puncak haji tahun 2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2001056011_Intan_Nisaurrohmah] Text (Skripsi_2001056011_Intan_Nisaurrohmah)
Skripsi_2001056011_Intan_Nisaurrohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ibadah haji merupakan ibadah fisik. Oleh sebab itu seluruh jamaah haji terutama jamaah haji Indonesia harus menjaga kesehatan untuk pelaksanaan rangkaian ibadah haji terutama pada pelaksanaan puncak ibadah haji. Salah satu aspek yang mendorong suksesnya pelaksanaan ibadah haji merupakan adanya pelayanan transportasi. Karena dalam skala besar, pelaksanaan ibadah haji terutama pada puncak haji menimbulkan tantangan logistik yang kompleks sehingga fasilitas transportasi yang memadai merupakan salah satu kunci menjaga kenyamanan keamanan dan kesejahteraan jamaah. Terutama dalam menyediakan layanan pengantaran jamaah. Dalam penyelenggaraan ibadah haji tentunya mengalami permasalahan setiap tahunya. Seperti pada puncak haji tahun 2023, dimana terjadi keterlambatan pada pelayanan transportasi yang akan mengantarkan jamaah dari Muzdalifah menuju Mina. Sehingga terjadi ketidak sesuaian dalam pelayanan transportasi bagi jamaah haji terutama pada jamaah haji Kendal kloter 13. Hal tersebut tentunya menimbulkan berbagai persepsi pada jamaah haji Kendal terhadap pelayanan transportasi pada puncak haji tahun 2023.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis persepsi jamaah haji Kendal terhadap pelayanan transportasi pada puncak haji tahun 2023. Jenis penelitian ini lapangan dengan menggunakan pendekatan ilmu psikologi serta penelitian ini bersifat deskriptif. Analisis data penelitian ini menggunakan teori Miles dan Hubermen dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jamaah haji Kendal memiliki persepsi terhadap pelayanan transportasi pada puncak haji bahwa pelayanan transportasi tersebut sudah bagus. Baik Jamaah merasa pelayanan transportasi yang diberikan secara keseluruhan sudah sesuai dengan standar pelayanan yang ada. Namun pada pelayanan transportasi ketika berada di Muzdalifah jamaah merasa kurang puas karena pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan standar pelayanan yang ada. Baik secara manajemen lalu lintas, fasilitas yang diberikan, kelancaran arus lalu lintas dan standar pelayanan bus yang diberikan kepada jamaah. Oleh sebab itu pemerintah perlu adanya pembenahan agar tidak terulang kembali kejadian seperti tersebut. Namun jamaah berusaha mengambil hikmahnya dari keterlambatan tersebut sebagai perjalanan spiritual yang bermakna . karena dengan adanya kejadian tersebut jamaah belajar menjaga hawa nafsu untuk tidak marah-marah dan berpikiran yang tidak-tidak. Jamaah juga menganggap ini bentuk dari cara Allah dalam memberikan pengalaman yang berharga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Pelayanan Transportasi; Jamaah Haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Khaila Ananda Taqiyyah
Date Deposited: 10 Jan 2025 07:53
Last Modified: 10 Jan 2025 07:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25624

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics