pengaruh viral marketing, online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui marketplace shopee di kota semarang : studi kasus terhadap gen-z pengguna marketplace shopee di kota semarang

Wafa, Muhammad Bahrul (2024) pengaruh viral marketing, online customer review dan e-service quality terhadap keputusan pembelian melalui marketplace shopee di kota semarang : studi kasus terhadap gen-z pengguna marketplace shopee di kota semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2005056067_Muhammad_Bahrul_Wafa] Text (SKRIPSI_2005056067_Muhammad_Bahrul_Wafa)
2005056067_MUHAMMAD BAHRUL WAFA_LENGKAP TUGAS AKHIR - Muhammad Bahrul Wafa.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan populasi yang disertai dengan kemajuan teknologi telah mendorong masyarakat untuk menjadi lebih konsumtif. Ini terbukti dengan meningkatnya penggunaan berbagai platform e-commerce seperti Shopee. Meskipun demikian, hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa masih banyak Gen-Z yang merasa ragu dalam melakukan pembelian di Shopee, terkadang mengakibatkan kekecewaan terhadap produk yang mereka beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak dari viral marketing, online customer review, dan e-service quality terhadap keputusan pembelian di platform Shopee di Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 100 responden, dipilih dengan menggunakan rumus Lemeshow, dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan melalui Google Form dengan skala Likert. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS 26, dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, baik viral marketing, online customer review berpengaruh negatif dan tidak signifikan sedangkan variabel e-service quality berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Viral Marketing, Online Customer Review, E-Service Quality dan Keputusan pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 04 Feb 2025 04:27
Last Modified: 04 Feb 2025 04:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25816

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics