Pengaruh diskon , online customer review, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian melalui marketplace shopee : studi mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2020-2022
Aeni, Dzunu Rotun Nur (2024) Pengaruh diskon , online customer review, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian melalui marketplace shopee : studi mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2020-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2005056032_DZUNU_ROTUN_NUR_AENI]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2005056032_Dzunu Rotun Nur Aeni_Tugas Akhir - Dzunurotun Nuraeni.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Pembelian yang dilakukan oleh para konsumen atau pelanggan berdasarkan survey yang dilakukan databoks katadata, dinyatakan bahwa Shopee menjadi e-commerce pertama yang memiliki jumlah pengunjung terbanyak sebanyak 158 juta, melebihi tokopedia 117 juta, lazada 83,2 juta, 25,4 juta, blibli 25,4 juta, dan bukalapak 18,1 juta pada kuartal 1 2023. Ditambah lagi dengan survey yang dilakukan oleh Iprice Insights pertumbuhan, e-commerce di Indonesia, bahwa shope menduduki peringkat pertama dengan jumlah pengunduh appstore dan playstore dengan rangking 1. Namun, tingkat pembelian dikalangan mahasiwa terutama mahasiwa FEBI terbilang relative rendah, berkisar pada angka 34,2% dari 38 mahasiwa FEBI yang menggunakan Shopee untuk melakukan pembelian suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon, online customer reviews, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian melalui marketplace shopee pada mahasiswa FEBI. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa aktiv Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Walisongo Semarang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sample penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sample penelitian sebanyak 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis ststistik deskriptif, uji intrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heterokedastisitas, dan uji multikolinearitas), analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji statistic parsial (uji T), uji statistic similtan )uji F), dan koefisien dterminasi (R2).Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee, online customer reviews berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee, dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diskon, Online Customer Reviews; Kemudahan Penggunaan; dan Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 08:05 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 02:31 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25823 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year