Pengaruh islamic branding dan islamic advertising terhadap keputusan pembelian produk Rabbani Store Semarang : studi kasus customer rabbani Cabang Kota Semarang

Khosyi, Nur Ahmad (2024) Pengaruh islamic branding dan islamic advertising terhadap keputusan pembelian produk Rabbani Store Semarang : studi kasus customer rabbani Cabang Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2005056074_Nur_Ahmad_Khosyi] Text (SKRIPSI_2005056074_Nur_Ahmad_Khosyi)
2005056074_Nur Ahmad Khosyi_in_Lengkap Tugas Akhir - Ahmad Khosyiin.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan Islamic Branding dan Islamic Advertising yang digunakan sebagai strategi Rabbani dan ditujukan untuk menarik konsumen Muslim. Meskipun Indonesia memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, banyak Muslimah yang belum sepenuhnya mematuhi kewajiban menutup aurat, menciptakan peluang sekaligus tantangan bagi industri fashion Muslim. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh Islamic Branding dan Islamic Advertising terhadap Keputusan Pembelian produk pada Rabbani Store Semarang. Variabel independent dalam penelitian ini yaitu Islamic Branding (X1) dan Islamic Advertising (X2) sedangkan variable dependennya Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian ini menggunakan field reseach pendekatan metode kuantitatif melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang merupakan konsumen Rabbani Store Semarang. Teknik pengumpulan sampel dengan menggunakan non probability sampling dengan metode random sampling yang dilakukan secara acak. Pengujian instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Kemudian untuk analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islamic Branding tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian statistik menunjukkan nilai thitung sebesar 0,755 yang lebih kecil dibandingkan nilai ttabel sebesar 1,661, serta nilai signifikansi sebesar 0,453 yang lebih besar dari alpha 0,005. Temuan ini menunjukkan bahwa konsumen di Rabbani Store Semarang tidak menjadikan merek dengan nuansa Islam sebagai faktor utama dalam keputusan pembelian. Sebaliknya, Islamic Advertising terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian menunjukkan nilai thitung sebesar 8,168, yang jauh lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,661, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari alpha 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa Islamic Advertising secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian produk di Rabbani Store Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Islamic Branding; Islamic Advertising; Keputusan Pembelian.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:35
Last Modified: 06 Feb 2025 03:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/25834

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics