Modal sosial pelaku usaha UMKM : studi pada UMKM kerupuk petis udang dan ikan Desa Sijeruk Kabupaten Kendal
Barlanti, Dwi (2024) Modal sosial pelaku usaha UMKM : studi pada UMKM kerupuk petis udang dan ikan Desa Sijeruk Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2006026034_Dwi_Barlanti]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2006026034_Dwi_Barlanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Modal sosial merupakan wujud masyarakat yang terorganisir dan teratur pada kumpulan asosiasi-asosiasi yang bersifat horizontal. Modal sosial memiliki peran penting dalam menjalankan sebuah usaha terutama pada UMKM yang mempengaruhi keberhasilan dan perkembangan usaha. UMKM kerupuk petis udang dan ikan Desa Sijeruk Kabupaten Kendal berpotensi untuk memberi lapangan pekerjaan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang dilakukan pelaku usaha, siapa saja yang terlibat dalam produksi, dan dampak dari adanya usaha UMKM kerupuk petis udang dan ikan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan memakai teknis analisis data model Miles dan Huberman melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teori dalam penelitian ini menggunakan teori Modal Sosial Robert Putnam.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama, pelaku usaha kerupuk petis udang dan ikan menjalankan aktivitas usahanya, melibatkan pelaku usaha dan karyawan. Keterlibatan aktivitas pelaku usaha dalam usaha secara kolektif dengan menjalin hubungan supplier bahan baku sebagai bentuk kerjasama akan kebutuhan semua bahan baku produksi dan aktivitas pemasaran yang dijalanan secara langsung oleh pelaku usaha dengan strategi pemasaran yang diterapkan, selanjutnya dari aktivitas karyawan terdapat dua aktivitas yaitu proses produksi dan proses pasca produksi, untuk proses produksi mulai dari persiapan, pembuatan, pemotongan dan penjemuran. Sedangkan proses pasca produksi meliputi pengemasan (packaging) dan perawatan produk kerupuk petis udang dan ikan. Kedua, Selanjutnya dari aktivitas tersebut menciptakan relasi pelaku usaha dan karyawan yang terbangun dalam usaha kerupuk petis udang dan ikan terbentuknya jaringan yang berisi norma-norma yang memfasilitasi koordinasi, kerjasama, dan saling mengendalikan kepercayaan yang manfaatnya bisa dirasakan untuk mendorong perkembangan usaha yang didukung dengan modal sosial. Ketiga, keberadaan UMKM kerupuk petis udang dan ikan berdampak terhadap keadaan ekonomi dan sosial masyarakat. Dampak ekonomi bagi pelaku usaha yaitu peningkatan pendapatan, pengembangan inovasi, dan menciptakan lapangan kerja. dampak bagi karyawan yaitu, peningkatan kesejahteraan dan pengembangan keterampilan, serta pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal. Dampak sosial yaitu dampak terhadap lingkungan sosial dan dampak terhadap pendidikan nonformal.
ABSTRACT:
Social capital is a form of organized and regular society in a collection of horizontal associations. Social capital has an important role in running a business, especially in MSMEs, which affects business success and development. The shrimp and fish paste crackers MSMEs in Sijeruk Village, Kendal Regency have the potential to provide employment, improve community welfare, and increase economic growth. This research aims to find out what business actors do, who is involved in production, and the impact of the shrimp and fish paste cracker MSMEs business.
This research is a field research that uses qualitative methods with a descriptive approach. In this research, the data collection techniques used include observation, interviews, and documentation. The data analysis used uses the Miles and Huberman model data analysis technique through three stages, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The theory in this study uses Robert Putnam's Social Capital theory.
The results of this research show that first, shrimp and fish cracker business actors carry out their business activities, involving business actors and employees. The involvement of business actors' activities in the business collectively by establishing raw material supplier relationships as a form of cooperation regarding the needs of all production raw materials and marketing activities carried out directly by business actors with the marketing strategy implemented, then from employee activities there are two activities, namely the production process and post-production process, for the production process starting from preparation, manufacturing, cutting and drying. Meanwhile, the post-production process includes packaging and care for shrimp and fish petis cracker products. Second, this activity creates relationships between business actors and employees that are built in the shrimp and fish cracker business, forming a network containing norms that facilitate coordination, cooperation and mutual control of trust, the benefits of which can be felt to encourage business development supported by capital. social. Third, the existence of shrimp and fish petis cracker MSMEs has an impact on the economic and social conditions of society. The economic impact for business actors is increasing income, developing innovation and creating jobs. The impact on employees is, increasing welfare and developing skills, as well as economic growth in local communities. Social impact, namely the impact on the social environment and the impact on non-formal education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modal sosial; Pelaku usaha; UMKM; Kerupuk |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 641 Food and drink |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 15 May 2025 06:45 |
Last Modified: | 15 May 2025 06:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26415 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year