Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PAI terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMK Insan Cendekia Yogyakarta

Fauziyah, Fitriana (2024) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PAI terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMK Insan Cendekia Yogyakarta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016042_Fitriana_Fauziyah] Text (Skripsi_1703016042_Fitriana_Fauziyah)
Skripsi_1703016042_Fitriana_Fauziyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang persepsi siswa tentang kompetensi profesional Guru PAI terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI SMK Insan Cendekia Yogyakarta. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari: pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PAI (X) terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI kelas XI SMK Insan Cendekia Yogyakarta (Y). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan perhitungan statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah (1) tingkat persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PAI di SMK Insan cendekia Yogyakarta temasuk dalam kategori “sedang” dilihat dari nilai rata-rata persepsi siswa tentang kompetensi profesional Guru sebesar 78,25 terletak pada interval 75 – 87; (2) tingkat motivasi belajar siswa SMK Insan Cendekia Yogyakarta dalam kategori “Sedang” dilihat dari nilai rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 82,00 terletak pada interval 77 – 89; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru PAI (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) pada mata pelajaran PAI kelas XI SMK Insan Cendekia Yogyakarta, dengan diperoleh nilai R Square = 0,686 artinya kontribusi kompetensi profesional guru PAI dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 68,6%, yang maknanya terdapat tingkat pengaruh yang kuat, kemudian dibuktikan dengan nilai Fhitung = 120,007 > Ftabel = 4.02.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa; Kompetensi profesional; Guru; Motivasi belajar; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 21 May 2025 06:32
Last Modified: 21 May 2025 06:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26448

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics