Manajemen pengembangan kinerja guru di MI Raudlatul Atfal Nongkosawit
Safitri, Nurul (2024) Manajemen pengembangan kinerja guru di MI Raudlatul Atfal Nongkosawit. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2003036043_NURUL_SAFITRI]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003036043_Nurul Safitri_Lengkap Tugas Akhir - Nurul Safitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Manajemen pengembangan tenaga merupakan suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi untuk mengendalikan sumber daya manusia dalam dunia pendidikan sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga pendidik agar berdampak besar untuk tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru sebelum dilaksanakannya manajemen pengembangan, proses manajemen pengembangan kinerja guru, serta kinerja guru setelah dilaksanakannya manajemen pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru sebelum dilaksanakan manajemen pengembangan masih belum sempurna, masih terdapat catatan oleh supervisor dari tugas guru yang terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, bimbingan dan pelatihan peserta didik. Manajemen pengembangan kinerja guru di MI Raudlatul Atfal Nongkosawit dilakukan dengan beberapa tahapan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan program pengembangan dilaksanakan dan harus sesuai dengan kebutuhan guru, Program pengembangan yang telah terlaksana, diharapkan dapat berpotensi mengembangkan kinerja guru yang belum maksimal. Kinerja guru setelah dilaksanakannya manajemen pengembangan mengalami perubahan, melalui manajemen pengembangan, guru mendapat motivasi, pengetahuan, pengalaman yang dapat membantu guru memperbaiki kualitasnya dan menutupi kekurangan dalam menjalankan tugasnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pengembangan tenaga; Kinerja Guru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 28 May 2025 08:07 |
Last Modified: | 28 May 2025 08:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26521 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year