Pengaruh kualitas pelayanan sekolah dan persepsi harga terhadap kepuasan peserta didik di MA NU Nurul Huda Kota Semarang
Alfiana, Siska Maulida Nur (2024) Pengaruh kualitas pelayanan sekolah dan persepsi harga terhadap kepuasan peserta didik di MA NU Nurul Huda Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2003036038_Siska Maulida Nur Alfiana_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2003036038_Siska Maulida Nur Alfiana_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini membahas terkait manajemen kepuasan pelanggan pendidikan yang memiliki tujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan sekolah dan persepsi harga terhadap kepuasan peserta didik di MA NU Nurul Huda Kota Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei atau kuisioner sebagai alat utama dalam pengumpulan data numerik (angka atau data yang dapat diukur) dari responden. Adapun Penelitian ini mengambil responden dengan menggunakan teknik probability sampling dengan proportionate stratified random sampling dan mengambil 79 responden yang merupakan para peserta didik di MA NU Nurul Huda Kota Semarang mulai dari kelas X, XI, hingga XII.
Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa analisis regresi liniar berganda Y=0,290+0,098X1+0,240X2+e. Artinya kualitas pelayanan sekolah dan persepsi harga memiliki pengaruh yang signifikan baik secara persial maupun simultan terhadap kepuasan peserta didik di MA NU Nurul Huda Kota Semarang. Adapun hasil uji koefisien determinasi dapat dilihat jika nilai R-square adalah sebesar 0,606 atau 60,6%. Yang artinya bahwa nilai 60,6% adalah besarnya nilai pengaruh dari variabel kualitas pelayanan sekolah (X1) dan variabel persepsi harga (X2) secara bersamaan terhadap kepuasan peserta didik (Y). Dari hasil penlitian ini diharapkan mampu memberikan sebuah acuan kepada seluruh komponen sekolah dalam meningkatkan kepuasan peserta didik di MA NU Nurul Huda Kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan; Sekolah; Siswa; Kepuasan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:03 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26527 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year