Pengaruh kepedulian orang tua terhadap keterampilan sosial siswa kelas V MI NU 09 Kauman Boja tahun ajaran 2020/2021
Maghfiroh, Sani Lailatul (2022) Pengaruh kepedulian orang tua terhadap keterampilan sosial siswa kelas V MI NU 09 Kauman Boja tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1503096089_Sani Lailatul Maghfiroh_ Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1503096089_Sani Lailatul Maghfiroh_ Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Keterampilan sosial siswa diperlukan untuk membantu siswa berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Namun, anak usia sekolah dasar masih terkendala mengontrol diri dalam bersosialisasi dikarenakan cenderung masih sulit menunjukkan rasa empati. Kepedulian orang tua dalam hal ini merupakan salah satu faktor penting dalam mendukung perkembangan keterampilan sosial siswa di samping adanya peran guru. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini berusaha mengungkap pengaruh kepedulian orang tua terhadap keterampilan sosial anak pada siswa kelas V di MI NU 09 Kauman Boja tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini bersifat kuantitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan kuisioner, dengan sampel yaitu 19 siswa kelas V MI NU 09 Kauman Boja tahun ajaran 2020/2021. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, analisis regresi linear sederhana, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepedulian orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan sosial siswa di kelas V MI NU 09 Kauman Boja tahun ajaran 2020/2021. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p-value yang kurang dari taraf nyata 0,05, dan nilai koefisien regresi yang positif. Sehingga hasil ini memenuhi hipotesis awal yang telah ditetapkan. Selain itu, terdapat hubungan yang kuat antara kepedulian orang tua dengan keterampilan sosial, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yang positif. Artinya, semakin tinggi nilai kepedulian orang tua, maka semakin tinggi pula keterampilan sosial siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang betapa pentingnya kepedulian orang tua terhadap keterampilan sosial anak dalam kehiduapn sekitar
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Siswa; Orang tua; Kepedulian |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 01:54 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 01:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26547 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year