Pengembangan media big book writing berbasis kontekstual untuk peningkatan kemampuan menulis pada materi aku dan teman baru kelas IE MIN 1 Kendal tahun ajaran 2023/2024

Nihayah, Murodatun (2024) Pengembangan media big book writing berbasis kontekstual untuk peningkatan kemampuan menulis pada materi aku dan teman baru kelas IE MIN 1 Kendal tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_2003066106_MURODATUN_NIHAYAH] Text (SKRIPSI_2003066106_MURODATUN_NIHAYAH)
2003096106_Murodatun Nihayah_Full Skripsi - MURODATUN NIHAYAH UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan menulis merupakan aspek terakhir dari berbahasa yang sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, diidentifikasi bahwa keterampilan menulis siswa pada kelas IE MIN 1 Kendal perlu ditingkatkan, penyebabnya adalah belum ada media pembelajaran yang menunjang keterampilan menulis. Pada hakikatnya, guru memerlukan suatu alat yang dapat memantik minat dan motivasi sekaligus memacu kemampuan menulis peserta didik. Pemanfaaatan media big book writing bisa digunakan menjadi suatu cara untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Selain menarik, agar memudahkan anak dalam memahami suatu materi maka harus dikaitkan pada aktivitas sehari-hari, oleh karena itu media bigbook writing ini di buat dengan berbasis kontekstual. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D.

Hasil penilaian ahli tersebut mendapatkan skor persentase dengan rata-rata 92,5% yang termasuk pada kategori “sangat valid”, Hasil belajar peserta didik mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,53 dengan kriteria “sedang”. Adapun tanggapan peserta didik memperoleh nilai dengan rata-rata 90% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media big book writing berbasis kontekstual valid diimplementasikan pada pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan menulis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis; Big Book Writing; Kontekstual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 05 Jun 2025 03:03
Last Modified: 05 Jun 2025 03:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26575

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics