Analisis pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika kelas 1 di MI Negeri Kota Semarang
Fashihah, Istin’amatul (2024) Analisis pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika kelas 1 di MI Negeri Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2003096105_ISTIN_AMATUL_FASHIHAH]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003096105_Istin_amatul Fashihah_Lengkap Tugas Akhir - ISTIN_AMATUL FASHIHAH UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang telah ditetapkan secara resmi pada tahun 2022. Sehingga belum seluruh sekolah menerapkan kurikulum ini. Terutama di kalangan madrasah yang pada dasarnya berada di bawah naungan Kemenag. Terdapat beberapa pengembangan yang masih terus dilakukan oleh pihak Kemenag, sehingga penyebaran Kurikulum Merdeka di kalangan madrasah sedikit lebih lambat daripada sekolah umum yang berada di bawah naungan Kemendikbud. Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang analisis pembelajaran dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran matematika kelas 1 di MI Negeri Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran matematika kelas 1 di MI Negeri Kota Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif lapangan, dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hasil yang cukup baik terhadap pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran matematika kelas 1 , baik itu dari segi perencanaannya maupun pelaksanaannya. Akan tetapi, masih terdapat kekurangan dari perencanaan dan pelaksanannya. Seperti komponen modul ajar yang belum lengkap, serta adanya ketidaksesuaian antara proses yang ada di dalam modul dengan aksi nyata yang ada di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; implementasi Kurikulum Merdeka; Pelajaran Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 03:22 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 03:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26576 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year