Pengaruh penerapan model discovery learning berbantuan media lapbook materi norma dan aturan dalam kehidupan terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Gedanganak Ungaran tahun 2024
Hasanah, Ila Uswatun (2024) Pengaruh penerapan model discovery learning berbantuan media lapbook materi norma dan aturan dalam kehidupan terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Gedanganak Ungaran tahun 2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_2003096069_ILA_USWATUN_HASANAH]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2003096069_Ila Uswatun Hasanah_Full Skripsi - Illa Uswatun.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (555kB)
Abstract
Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain control group design pretest pottest untuk mengukur pengaruh penggunaan media lapbook materi norma dan aturan dalam kehidupan terhadap hasil belajar. Peserta didik dalam penelitian ini berjumlah 73 siswa kelas IV MI Gedanganak unggaran, yang terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Peserta didik di kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran menggunakan model discovery learing dan model pembelajaran lapbook, sedangkan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran tanpa menggunakan media lapbook. Hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai rata-rata pada pretest adalah 47,16 untuk kelompok kontrol dan 50 untuk kelompok eksperimen. Adapun nilai rata-rata siswa pada posttest adalah 68,24 untuk kelompok kontrol dan 81,35 untuk kelompok eksperimen. Hasil uji t pada data pretest menunjukkan bahwa nilai kedua kelompok tidak berbeda secara signifikan, sedangkan data posttest berbeda secara signifikan dengan nilai thitung = 7,278 > ttabel 1,993. Selanjutnya, hasil uji n-gain menunjukkan pada kelompok eksperimen yaitu 0,72 termasuk kaegori sedang dengan presentase uji n-gain sebesar 72,37% yang kategori cukup efektif sedangkan, pada kelompok kontrol yaitu 0,52 termasuk kategori sedang dengan presentase sebesar 52,56% yang kategori kurang efektif. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa penggunaan media lapbook secara efektif mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya materi norma dan aturan dalam kehidupan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Lapbook; Norma dan Aturan dalam Kehidupan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ukhtiya Zulfa |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 07:39 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 07:39 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26695 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year