Pengenalan literasi awal melalui program pojok baca untuk anak usia dini di TK Al Hidayah Sidoluhur Kecamatan Jaken Kabupaten Pati
Anisa, Dwi Nur (2024) Pengenalan literasi awal melalui program pojok baca untuk anak usia dini di TK Al Hidayah Sidoluhur Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_1903106024_Dwi Nur Anisa_Full]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_1903106024_Dwi Nur Anisa_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan literasi awal yaitu keterampilan, sikap dan pengetahuan tentang membaca dan menulis yang penting untuk anak usia dini. Oleh sebab itu maka sangat perlu bagi sekolah untuk memberikan fasilitas literasi agar siswa menjadi termotivasi dalam kegiatan literasi salah satunya dengan pengadaan program Pojok Baca. Pojok Baca adalah sebuah sudut baca di kelas yang dilengkapi dengan koleksi buku yag ditata secara menarik untuk menumbuhkan minat baca siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kondisi dalam pelaksanaan pengenalan literasi awal dan mendeskripsikan faktor yang menjadi pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan pengenalan literasi awal melalui Program Pojok Baca di TK Al Hidayah Sidoluhur Kecamatan Jaken Kabupaten Pati.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Analisis data ini yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) data conclusing drawing and verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi).
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan pengenalan literasi awal melalui program pojok baca di TK Al Hidayah Sidoluhur mencakup pembiasaan, pengembangan, pembelajaran. Faktor pendukung, adanya kerjasama dengan orang tua yang siap berpartisipasi untuk mendukung program literasi sekolah, tersedianya sarana prasarana yang mewadai. Faktor penghambat, Masih belum tertibnya peserta didik dalam kegiatan membaca di pojok baca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi; Pojok baca; Anak usia dini |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:15 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/26928 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year