Manajemen program intensif Bahasa Arab di Pondok Pesantren Gedongan, Cirebon

Henilalita, Refina (2024) Manajemen program intensif Bahasa Arab di Pondok Pesantren Gedongan, Cirebon. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2203038029_Refina Henilalita_Full] Text (Tesis_2203038029_Refina Henilalita_Full)
Tesis_2203038029_Refina Henilalita_Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tesis ini membahas tentang manajemen program intensif bahasa Arab di Pondok Pesantren Gedongan tepatnya di Ma’had Al-Shighor Al-Islamy Ad-Dualy. Penelitian ini difokuskan pada manajemennya yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan : (1) Bagaimanakah manajemen program intensif bahasa Arab yang diterapkan di Ma’had Al-Shighor A-Islamy Ad-Dualy, (2) Bagaimanakah hasil dari penerapan manajemen program intensif bahasa Arab yang diterapkan di Ma’had Al-Shighor Al-Islamy Ad-Dualy.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen program intensif bahasa Arab yang diterapkan di Ma’had Al-Shighor Al-Islamy Ad-Dualy sudah sesuai dengan teori manajemen dan manajemen program menurut para ahli, dimana melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Program intensif bahasa Arab di Ma'had Al-Shighor dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan berkesinambungan bagi para santri. Manajemen program ini mengutamakan pendekatan biah lughowiyah (lingkungan bahasa) yang aktif, di mana penggunaan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari menjadi fokus utama. Program ini terbagi dalam beberapa tahapan, mulai dari pembelajaran dasar hingga tingkat lanjutan, dengan metode pengajaran yang interaktif dan kolaboratif. Kurikulum yang diterapkan disusun untuk mengembangkan empat keterampilan utama: mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Selain itu, penekanan pada evaluasi berkala.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajeme; B ahasa Arab; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:07
Last Modified: 07 Aug 2025 06:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27189

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics