Analisis keputusan pembayaran zakat secara online dengan fitur Shopee Barokah : studi pada masyarakat muslim pengguna Shopee Kota Semarang
Nurromadhona, Deska Setya (2024) Analisis keputusan pembayaran zakat secara online dengan fitur Shopee Barokah : studi pada masyarakat muslim pengguna Shopee Kota Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Tesis_2005028012_Deska_Setya_Nurromadhona]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis_2005028012_Deska_Setya_Nurromadhona.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keputusan pembayaran zakat secara online dengan fitur Shopee Barokah, khususnya dalam konteks masyarakat Muslim pengguna p-latform Shopee di Kota Semarang. Persepsi kegunaan, kemudahan, kepercayaan dan religiusitas merupakan variabel independen pada penelitian kali ini. Sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah Keputusan pembayaran.
Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah pengguna Shopee Kota Semarang dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 100 responden. Syarat sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah beragama islam, berdomisili di Kota Semarang; dan pengguna E-Commerce Shopee. Pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan berpengaruh namun tidak signifikan terhadap koefisien keputusan pembayaran zakat secara online melalui fitur Shopee Barokah pada masyarakat Muslim di Kota Semarang. Sementara itu, persepsi kemudahan, kepercayaan, dan religiusitas berpengarauh signifikan dalam memengaruhi keputusan pembayaran zakat secara online melalui fitur Shopee Barokah pada masyarakat Muslim di Kota Semarang.
Kata Kunci: Keputusan Membayar, Zakat Online, Kegunaan, Kemudahan, Kepercayaan, dan Religiusitas
ABSTRACT:
The aim of this research is to analyze the decision-making process of online zakat payments using the Shopee Barokah feature, particularly within the context of Muslim users of the Shopee platform in the city of Semarang. Perceived usefulness, ease of use, trust, and religiosity are the independent variables in this study, while the dependent variable is the payment decision.
The research approach is quantitative. The population consists of Shopee users in the city of Semarang, with a sample size of 100 respondents. The sample criteria are being Muslim, residing in Semarang, and being a user of the Shopee e-commerce platform. Data collection is conducted through questionnaires. The analysis method employed in this research is multiple linear regression.
The findings indicate that perceived usefulness has an influence, albeit not significant, on the coefficient of online zakat payment decisions through the Shopee Barokah feature among Muslim communities in Semarang. Meanwhile, perceived ease of use, trust, and religiosity significantly influence the decision-making process of online zakat payments through the Shopee Barokah feature among Muslim communities in Semarang.
Keywords: Payment Decision, Online Zakat, Usefulness, Ease of Use, Trust, and Religiosity
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keputusan membayar; Zakat Online; Kegunaan; Kemudahan; Kepercayaan; Religiusitas |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 60102 - Ekonomi Syariah (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 01:45 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 01:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27221 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year