Pengaruh kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat SMP

Ahadiyah, Tyas Lailatul (2024) Pengaruh kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat SMP. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2003018006_Tyas L A_ tesis lengkap] Text (Tesis_2003018006_Tyas L A_ tesis lengkap)
Tesis_2003018006_Tyas L A_ tesis lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini menjelaskan tentang pengaruh kesiapan guru dalam implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan Agama Islam tingkat SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh kesiapan guru (X) dalam implementasi kurikulum merdeka terhadap minat belajar (Y1) dan pengaruh kesiapan guru (X) dalam implementasi kurikulum merdeka terhadap motivasi belajar (Y2) peserta didik pada pembelajaran pendidikan Agama Islam tingkat SMP.
Penelitian ini melalui pendekatan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana dalam pengujian hipotesisnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random dan sampel yang diambil 95 guru dan 95 siswa dari total keseluruhan populasi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan metode angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). thitung=3,195 ≥ ttabel = 1.665, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh dari kesiapan guru terhadap minat belajar PAI. Sedangkan R kuadrat atau R2 = 0,315 atau 31,5%. Sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi kesiapan guru, maka semakin tinggi minat belajar siswa begitu pula sebaliknya. 2). thitung = 4,319 ≥ ttabel = 1.665 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh dari kesiapan guru terhadap motivasi belajar. Sedangkan R kuadrat atau R2 = 0,409 atau 40,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kesiapan guru, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa begitu pula sebaliknya. Untuk itu perlu adanya kesiapan guru dan peran orang tua dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar, sehingga diharapkan peserta didik dapat mengembankan minatnya untuk dapat bermanfaatt bagi sekolah, oraangtua dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Guru; Minat belajar; Motivasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Aug 2025 06:17
Last Modified: 11 Aug 2025 06:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27234

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics