Fa`āliyah ṭarīqah Teratai fī tarqiyah mahārah al-qirā'ah li talāmīż al-ṣaff ṡāmin “B” fī Madrasah Ma’arif Nahdlatul Ulama al-ṡānawiyyah al-Islāmiyyah Sragi Pekalongan li al-`āmm al-dirāsī 2013-2014
Millah, Khanifatul (2014) Fa`āliyah ṭarīqah Teratai fī tarqiyah mahārah al-qirā'ah li talāmīż al-ṣaff ṡāmin “B” fī Madrasah Ma’arif Nahdlatul Ulama al-ṡānawiyyah al-Islāmiyyah Sragi Pekalongan li al-`āmm al-dirāsī 2013-2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
103211056_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
103211056_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103211056_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
103211056_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
103211056_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103211056_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
1032110_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (333kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Teratai dalam meningkatkan keterampilan membaca bagi siswa kelas VIIIB di MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan tahun ajaran 2013-2014. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan tahun ajaran 2013-2014 yang berjumlah 64 siswa. Peneliti mengambil semua siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan sebagai sampel. Peneliti menjadikan siswa di kelas A sebagai kelompok kontrol (control group), dan kelas B sebagai kelompok eksperimen (eksperimental group). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian eksperimen, adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Kemudian untuk menganalisis data digunakan rumus t-test independent.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Teratai dalam meningkatkan keterampilan membaca bagi siswa kelas VIIIB di MTs Ma’arif NU Sragi Pekalongan lebih efektif dibanding dengan pembelajaran yang tidak menggunakan metode tersebut dari segi peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini diperoleh dari hasil uji t-test yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 86 lebih tinggi dari kelas kontrol 77. Dan t_(hitung )> t_tabel yaitu 4,607>1,66 dan Ha diterima.
Semoga penelitian ini bermanfaat bagi para pembaca, para guru, dan para siswa. Dan semoga Allah selalu memudahkan para pengajar bahasa Arab dalam pengajarannya dengan media ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ahmad Ismail, M.Ag.; Dwi Mawanti, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca; Metode Pembelajaran; Bahasa Arab |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 24 Nov 2014 03:19 |
Last Modified: | 24 Nov 2014 03:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2726 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year