Perspektif guru, orang tua, dan murid tentang Pendidikan Agama Islam inklusif di SLTA Kota Semarang

Abdullah, Rizal Rahman (2023) Perspektif guru, orang tua, dan murid tentang Pendidikan Agama Islam inklusif di SLTA Kota Semarang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_2003018008_Rizal Rahman Abdullah_Lengkap] Text (Tesis_2003018008_Rizal Rahman Abdullah_Lengkap)
Tesis_2003018008_Rizal Rahman Abdullah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tiga hal, yakni tentang pandangan terhadap pendidikan agama Islam inklusif, faktor yang mempengaruhi perbedaan pandangan tersebut, serta dampak yang timbul dari perspektif tersebut terhadap perilaku keberagamaan siswa. Penelitian ini menggunakan meetode penelitin Kualitatif dan pendekatan Fenomenologi deskriptif. Data tersebut diperoleh melalui wawancara dan observasi terhadap guru, Orang tua dan Murid. Analisis ini akan menggunakan tiga tahapan seperti yag diungkapkan oleh Miles and Huberman. Pertama, Reduksi data untuk menyederhanakan data yang kompleks agar mudah di identifikasi. Kedua, display data untuk menyajikan data hasil identifikasi dalam bentuk table. Ketiga, penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh data penelitian terhadap perspektif Guru, Orang tua, dan Murid tentang peendidikan agama Islam inklusif di SLTA kota Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru, Orang tua, dan Murid setuju dan mendukuung Pendidikan agama Islam inklusif. Selain itu Guru, Orang tua, dan Murid memandang pendidikan agama Islam inklusif sebagai pendidikan untuk mengajarkan toleransi kepada siswa, berfikir terbuka, moderat dan sebagai perwujudan pendidikan kewarganegaraan. Beragam pandangan tersebut di pengaruhi beberapa faktor, diantaranya factor lingkungan, pengalaman, stimulus, dan harapan. Factor pengalaman dan lingkungagn menjadi factor pengaruh yang paling menonjol diantara factor yang lain. Selain itu, penggunaan social media juga menjadi pengaruh bagi Guru, orang tua dan Murid. Dampak yang dihasilkan dari pendidikan agama Islam inklusif adalah terciptanya lingkungan sekolah yang Sejahtera dan damai. Selain itu, timbul semangat gotong royong diantara murid Ketika berinteraksi dengan Masyarakat non Muslim dirumah maupun di Sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Guru; Orang tua; Murid; Pendidikan agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Aug 2025 01:46
Last Modified: 14 Aug 2025 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27263

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics