Analisis literasi digital dan kemandirian belajar siswa SMA dalam pembelajaran biologi Kurikulum Merdeka

Rahman, Yunita Kurnia (2024) Analisis literasi digital dan kemandirian belajar siswa SMA dalam pembelajaran biologi Kurikulum Merdeka. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708086064_Yunita_Kurnia_Rahman] Text (Skripsi_1708086064_Yunita_Kurnia_Rahman)
Skripsi_1708086064_Yunita_Kurnia_Rahman.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi digital menimbulkan kemudahan akses informasi dalam bidang pendidikan. Literasi digital menjadi fokus utama dalam penerapan kurikulum merdeka. Pembelajaran sepanjang hayat / lifelong education dapat tercipta apabila siswa memiliki kemandirian belajar yang baik. Kemudahan akses informasi tidak dibarengi dengan literasi digital dan kemandirian belajar yang baik. Penelitian ini menganalisis literasi digital dan kemandirian belajar siswa SMA dalam pembelajaran biologi kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket dalam bentuk pernyataan dan skala yang digunakan adalah skala likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian ini meliputi: pertama, literasi digital siswa Kesatrian 1 Semarang pada pembelajaran biologi kurikulum merdeka berada pada kategori tinggi dengan rerata sebesar 77,81%. Nilai persentase dari masing-masing indikator yaitu indikator pencarian internet (internet searching) sebesar 74,60%, indikator pandu arah hypertext (hypertext navigation) sebesar 78,10%, indikator evaluasi konten (content evaluation) sebesar 78,06%, dan penyusunan pengetahuan (knowledge assembly) sebesar 80,48%. Kedua, kemandirian belajar siswa Kesatrian 1 Semarang pada pembelajaran biologi kurikulum merdeka berada pada kategori tinggi dengan rerata 79,25%. Nilai persentase dari masing-masing indikator yaitu indikator tujuan belajar sebesar 73,81%, indikator strategi belajar sebesar 75,48%, indikator manajemen waktu sebesar 79,68%, indikator lingkungan sebesar 89,42%, indikator pencarian bantuan sebesar 81,27%, dan indikator evaluasi diri sebesar 75,87%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemandirian belajar; Kurikulum merdeka; Literasi digital; Siswa SMA; Pembelajaran biologi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Sep 2025 02:37
Last Modified: 02 Sep 2025 02:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27452

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics