Pengaruh model problem based learning dipadukan reading, questioning, and answering terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi komponen ekosistem

Muizzudin, Ahmad Sabiq (2023) Pengaruh model problem based learning dipadukan reading, questioning, and answering terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi komponen ekosistem. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086038_Ahmad_Sabiq_Muizzudin] Text (Skripsi_1908086038_Ahmad_Sabiq_Muizzudin)
Skripsi_1908086038_Ahmad_Sabiq_Muizzudin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu kegiatan berpikir untuk melakukan analisis, membuat pertimbangan, dan mengambil keputusan secara tepat dan benar. Namun Kemampuan berpikir kritis peserta didik masih cukup rendah, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, salah satunya dengan memadukan model Problem Based Learning dengan Reading , Questioning, and Answering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL dipadukan RQA terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi komponen ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi experimental design dengan rancangan non-equivalent control group design. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes (Kemampuan berpikir kritis), observasi, wawancara, dan angket. Penerapan PBLRQA dalam pembelajaran menghasilkan pengaruh positif terhadap Kemampuan berpikir kritis, berdasarkan data hasil uji anacova nilai signifikansi sebesar 0,000 karena nilai signifikansi < 0,05 maka dapat disimpulkan adanya pengaruh model PBLRQA terhadap Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi komponen ekosistem.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Problem based learning; Kemampuan berpikir kritis; Komponen ekosistem; PBLRQA
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Sep 2025 04:30
Last Modified: 02 Sep 2025 04:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27464

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics