Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis learning cycle 5E untuk memberdayakan keterampilan komunikasi pada materi sistem koordinasi

Akmala, Tatum Arisya (2023) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis learning cycle 5E untuk memberdayakan keterampilan komunikasi pada materi sistem koordinasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908086056_Tatum_Arisya_Akmala] Text (Skripsi_1908086056_Tatum_Arisya_Akmala)
Skripsi_1908086056_Tatum_Arisya_Akmala.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Paradigma abad 21 menyatakan bahwa pendidikan wajib mencetak sumberdaya manusia yang memiliki keterampilan abad 21, salah satunya keterampilan komunikasi. Keterampilan komunikasi yang baik dapat mendukung peserta didik dalam mengutarakan gagasan, dan betukar informasi dengan guru atau antar peserta didik yang lain. Hasil analisis peserta didik melalui observasi, wawancara dan angket kebutuhan menggambarkan bahwa kondisi keterampilan peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Moga Pemalang masih tergolong rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan rata-rata indikator keterampilan komunikasi sebesar 64,6%, selain itu peserta didik juga mengalami kesulitan dalam mempelajarai materi sistem koordinasi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui karakteristik produk dan kelayakan LKPD berbasis Learning Cycle 5E. Penelitian ini menggunakan jenis research and development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan et.al pada tahun 1974. Hasil penelitian meliputi: 1) Hasil pengembangan berupa produk LKPD berbasis Learning Cycle 5E yang tersusun berdasarkan 5 fase yaitu fase engangement, explore, explain, extend dan evaluasi. 2) Kelayakan produk LKPD diperoleh dari hasil uji validitas oleh ahli materi sebesar 84% (sangat valid), ahli media 70% (valid), ahli keterampilan komunikasi 74% (valid), dan guru biologi 90% (sangat valid) dan hasil uji skala kecil pada 35 peserta didik memperoleh hasil skor sebesar 82% (sangat tertarik) sehingga lembar kerja peserta didik berbasis Learning Cycle 5E dikategorikan valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik; Learning Cycle 5E; Keterampilan komunikasi; Sistem koordinasi
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 571 Physiology and related subjects
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Sep 2025 08:44
Last Modified: 02 Sep 2025 08:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27471

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics