Pengaruh penggunaan petunjuk praktikum biologi dengan pendekatan MIKIR pada materi sel hewan dan tumbuhan terhadap literasi sains siswa MA

Faizatunnisa', Anna Shafiya (2024) Pengaruh penggunaan petunjuk praktikum biologi dengan pendekatan MIKIR pada materi sel hewan dan tumbuhan terhadap literasi sains siswa MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086015_Anna_Shafiya_Faizatunnisa'] Text (Skripsi_2008086015_Anna_Shafiya_Faizatunnisa')
Skripsi_2008086015_Anna_Shafiya_Faizatunnisa'.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran pada abad ke-21 merupakan sebuah konsep yang dirancang untuk mempersiapkan generasi masa depan yang mampu menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Rancangan proses pendidikan menjadi kunci keberhasilan siswa dapat berkembang pada bidang keterampilan maupun kognitif. Seperti keterampilan literasi sains, siswa dapat mengembangkan kemampuan menggunakan pengetahuan ilmiah untuk mengidentifikasi pertanyaan dan menyimpulkannya berdasarkan bukti-bukti yang bertujuan untuk memahami dan membantu membuat keputusan mengenai suatu problematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan petunjuk praktikum dengan pendekatan MIKiR terhadap literasi sains siswa MA. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequuivalent control group design dan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan petunjuk praktikum dengan pendekatan MIKiR berpengaruh signifikan terhadap literasi sains siswa. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti penggunaan petunjuk praktikum dengan pendekatan MIKiR berpengaruh terhadap literasi sains siswa. Uji pengukuran peningkatan literasi sains menggunakan effect size menunjukkan hasil sebesar 3,463, yang menurut skala Cohen’s d dikategorikan sebagai peningkatan yang sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan petunjuk praktikum dengan pendekatan MIKiR terhadap literasi sains siswa MA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendekatan MIKiR; Literasi sains; Petunjuk praktikum; Sel hewan; Siswa Madrasah Aliyah
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 571 Physiology and related subjects
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:17
Last Modified: 04 Sep 2025 07:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27542

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics