Hubungan self-efficacy dengan literasi lingkungan siswa SMA berdasarkan level akademik

Rahmawati, Fitri Nur (2024) Hubungan self-efficacy dengan literasi lingkungan siswa SMA berdasarkan level akademik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086020_Fitri_Nur_Rahmawati] Text (Skripsi_2008086020_Fitri_Nur_Rahmawati)
Skripsi_2008086020_Fitri_Nur_Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penyelenggaraan kegiatan pemerintah dengan peredikat sekolah Adiwiyata merupakan salah satu upaya pencegahan kerusakan lingkungan dengan meningkatkan literasi lingkungan. Self-efficacy penting bagi siswa untuk menghadapi situasi dan masalah dalam lingkungan. Kemampuan siswa untuk memahami konsep sikap, kepedulian, moral, dan etika lingkungan dipengaruhi oleh level akademik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, dengan metode kuantitatif deskriptif dan pendekatan korelasional Pearson Product Moment (PPM). Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Limbangan. Jumlah sampel yang digunakan adalah 192 siswa SMA Negeri 1 Limbangan, adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan angket. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah simple random sampling. Hasil perhitungan analisis korelasi Pearson Product Moment (PPM) menggunakan aplikasi IBM SPSS 26 for windows didapatkan hasil bahwa Ha diterima dan H0 ditolak dengan skor sig. 0.000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara variabel X1 (self-efficacy) dan Y (literasi lingkungan) dan terdapat hubungan antara variabel X2 (level akademik) dan Y (literasi lingkungan). Tingkat hubungan antara variabel X1 (Self-Efficacy) dan Y (Literasi Lingkungan) sebesar 0,616 sehingga dapat disimpulkan bahwa korelasi antara variabel X1 (self-efficacy) dan Y (literasi lingkungan) bersifat kuat, sedangkan pada variabel X2 (level akademik) dan Y (literasi lingkungan) tingkat korelasinya sebesar 0,537 dapat disimpulkan bahwa korelasi antara variabel X2 (level akademik) dan Y (literasi lingkungan) bersifat sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi lingkungan; Level akademik; Pembelajaran biologi; Self-efficacy; Siswa SMA
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 577 Ecology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:28
Last Modified: 04 Sep 2025 08:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27550

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics