Pengembangan e-modul berdiferensiasi pada materi sel untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 5 Semarang

Mariana, Lidia Putri (2024) Pengembangan e-modul berdiferensiasi pada materi sel untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 5 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008086033_Lidia_Putri_Mariana] Text (Skripsi_2008086033_Lidia_Putri_Mariana)
Skripsi_2008086033_Lidia_Putri_Mariana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendesain e-modul berdiferensiasi pada materi sel untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 5 Semarang, (2) Mengetahui tingkat kelayakan e-modul berdiferensiasi pada materi sel untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 5 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Subjek penelitian ini meliputi siswa kelas XI-4 SMAN 5 Semarang. Objek penelitian ini berupa e-modul pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan e-modul meliputi lembar penilaian kelayakan oleh ahli materi, ahli media, ahli berpikir kritis, ahli metedologi pembelajaran, praktisi guru mata pelajaran biologi dan angket respon siswa terhadap penggunaan e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dengan hasil penilaian ahli media dengan persentase 80% (layak), ahli materi dengan persentase 82,3 % (sangat layak), ahli metedologi pembelajaran dengan 74% (layak), ahli berpikir kritis dengan persentase 72 % (layak), dan guru biologi dengan persentase 78,5 (layak). Sedangkan untuk tanggapan peserta didik memperoleh persentase 84,5% dengan kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-modul; Media pembelajaran; Materi sel; Kemampuan berpikir kritis; Siswa SMA
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 571 Physiology and related subjects
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Sep 2025 00:57
Last Modified: 09 Sep 2025 00:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27567

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics