Pengembangan elektronik module interaktif learning (EMOTER) berbantuan Canva untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi energi terbarukan
Rosidah, Isna Nur (2024) Pengembangan elektronik module interaktif learning (EMOTER) berbantuan Canva untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi energi terbarukan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008066002_Isna_Nur_Rosidah]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008066002_Isna_Nur_Rosidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (15MB)
Abstract
Studi awal penelitian ini dilakukan, peneliti memperoleh informasi bahwa pemahaman konsep siswa pada pelajaran fisika khususnya materi energi terbarukan masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis pada nilai ulangan harian materi energi terbarukan tahun ajaran 2023/2024. Faktor menurunnya pemahaman konsep siswa salah satunya disebabkan oleh bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Peneliti mengembangkan elektronik module interaktif learning (EMOTER) berbantuan canva untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi energi terbarukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan EMOTER berbantuan Canva untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi energi terbarukan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (RnD) menggunakan model pengembangan ADDIE. Persentase kelayakan EMOTER yakni 80,2%. Analisis uji N-Gain yang menghasilkan persentase sebesar 61,3% untuk kelas eksperimen dan 43,9% untuk kelas kontrol dan analisis uji t yang menunjukkan bahwa harga thitung<ttabel yang maknanya penggunaan EMOTER cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hasil analisis tiap indikator pemahaman konsep didapatkan hasil 66,5% untuk indikator membandiingkan 75% untuk indikator menarik kesimpulan, 82% untuk indikator mengelompokkan, 85% untuk indikator memberi contoh, dan 90% untuk indikator menfasirkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EMOTER; Aplikasi Canva; Pemahaman konsep; Energi terbarukan |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 03:51 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 03:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27653 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year