Studi efektivitas pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) dalam pembelajaran fisika SMA menggunakan metaanalisis

Danifatussunah, Azkiyatun (2024) Studi efektivitas pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) dalam pembelajaran fisika SMA menggunakan metaanalisis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008066007_Azkiyatun_Danifatussunah] Text (Skripsi_2008066007_Azkiyatun_Danifatussunah)
Skripsi_2008066007_Azkiyatun_Danifatussunah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran berbasis pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) semakin terkenal diaplikasikan dengan mengikuti kemajuan teknologi saat ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk meninjau efektivitas pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) berdasarkan model pembelajaran, wilayah dan materi pembelajaran Fisika. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatiff dengan menggunakan teknik metaanalisis. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berupa artikel ilmiah yang dipublish di google scholar dengan kriteria; 1) terindeks Sinta 2-5 2) artikel terpublikasi 8 tahun terakhir, dari tahun 2015-2022 dengan menggunakan bahasa Indonesia 3) penelitian fokus pada artikel pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Adapun instrumen penelitian berupa lembar pemberian kode data. Hasil penelitian meperlihatkan bahwa rerata besaran nilai rata-rata effect size dengan mengunakan model pembelajaran rata-rata sebesar 1,25, rata-rata wilayah 1,37 dan rata-rata materi 1,36 termasuk dalam kategori efek besar. Dari perhitungan effect size didapat hasil yang menunjukkan adanya efektivitas pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada proses belajar mengajar Fisika SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: STEM; Pembelajaran fisika; SMA; Metaanalisis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Sep 2025 04:14
Last Modified: 16 Sep 2025 04:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27657

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics