Implementasi alat praktikum konstanta pegas berbasis IoT dengan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa
Hidayatuloh, Ahmad Syarif (2024) Implementasi alat praktikum konstanta pegas berbasis IoT dengan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008066016_Ahmad_Syarif_Hidayatuloh]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008066016_Ahmad_Syarif_Hidayatuloh_2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (8MB)
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran fisika di MAN 2 Karanganyar kurang bervariasi dan interaksi antara guru dan siswa minim. Hal ini mengakibatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tidak optimal, sehingga mempengaruhi rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan alat praktikum konstanta pegas berbasis IoT yang dikombinasikan dengan model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan pretest-posttest control design. Kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, tes berupa uraian, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan independent sample t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis antara kelompok yang menggunakan alat praktikum konstanta pegas berbasis IoT dengan model pembelajaran problem based learning dan kelompok kontrol, seperti yang ditunjukkan oleh hasil uji independent sample t-test dengan sig sebesar 0,00 < 0,05. Selain itu, nilai N-Gain untuk kelas eksperimen (0,63) juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol (0,13). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan alat praktikum konstanta pegas berbasis IoT dengan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa MAN 2 Karanganyar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat praktikum; Konstanta pegas; Hukum Hooke; IoT; Berpikir kritis; Problem based learning |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 06:27 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 06:27 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27662 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year