Pengembangan instrumen e-diagnostic five-tier-test of energy (FTTE) untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada peserta didik SMA kelas X

Ningrum, Devi Putri Rahma (2024) Pengembangan instrumen e-diagnostic five-tier-test of energy (FTTE) untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada peserta didik SMA kelas X. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008066043_Devi_Putri_Rahma_Ningrum] Text (Skripsi_2008066043_Devi_Putri_Rahma_Ningrum)
Skripsi_2008066043_Devi_Putri_Rahma_Ningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian mengembangkan instrumen five tier test of energy untuk mendeskripsikan karakteristik five tier test of energy dan mendeskripsikan profil penyebab miskonsepsi peserta didik SMA Negeri 16 Semarang. Model pengembangan menggunakan research and development (RnD). Subjek uji skala kecil yaitu 24 responden dan uji skala luas yaitu 63 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket. Data diperoleh menggunakan naskah instrumen five tier test of energy yang diubah kedalam bentuk formulir online melalui google form. Karakteristik instrumen five tier test of energy memiliki lima tingkat pertanyaan pilihan ganda dengan alternative jawaban per-item, yaitu diberi tingkat keyakinan, tingkat alasan pilihan jawaban, tingkat keyakinan alasan, dan sumber. Instrumen dikembangkan menggunakan fitur anti plagiat melalui Riyu Teknologi. Interpretasi konsepsi peserta didik pada materi energi, ditemukan peserta didik mengalami miskonsepsi sebesar 32% dengan faktor-faktor penyebab miskonsepsi dikarenakan buku sebesar 1,9%, miskonsepsi dikarenakan Guru sebesar 0,8%, miskonsepsi dikarenakan internet sebesar 7,7%, miskonsepsi terbesar dikarenakan pemikiran pribadi sebesar 21,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Five Tier Diagnostic Test; Miskonsepsi; Energi; Siswa kelas X
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:44
Last Modified: 19 Sep 2025 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27741

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics