Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning berbantuan aplikasi Phyphox untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi energi terbarukan

Filfajri, Shinta Fitriyani (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning berbantuan aplikasi Phyphox untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi energi terbarukan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_2008066045_Shinta_Fitriyani_Filfajri] Text (Skripsi_2008066045_Shinta_Fitriyani_Filfajri)
Skripsi_2008066045_Shinta_Fitriyani_Filfajri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning berbantuan aplikasi Phyphox pada materi energi terbarukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning berbantuan aplikasi Phypox untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi energi terbarukan, mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan produk yang dikembangkan dan mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Desseminate) akan tetapi dibatasi pada tahap development. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X5 SMAN 8 Semarang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X2 SMAN 8 Semarang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi diperoleh dengan rata-rata presentase sebesar 88% dengan kategori sangat layak dan hasil validasi ahli media diperoleh dengan rata-rata 91% dengan kategori sangat layak. Kemampuan pemahaman konsep peserta didik setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan mengalami peningkatan dilihat dari rata-rata perolehan skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,54 yang menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep peserta didik masuk dalam kategori sedang. Rata-rata perolehan skor N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,28 yang menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep peserta didik menggunakan pembelajaran konvensional berkategori rendah. Respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan mendapatkan respon yang sangat baik dengan presentase rata-rata 93,16%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: LKPD; Discovery learning; Aplikasi Phyphox; Pemahaman konsep; Energi terbarukan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:54
Last Modified: 19 Sep 2025 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27742

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics