Pengaruh emotional quotient intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret kelas X SMA Negeri 16 Semarang
Ayuningtyas, Riezki Sejati (2024) Pengaruh emotional quotient intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi barisan dan deret kelas X SMA Negeri 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of SKRIPSI_1908056123 - Riezki Sejati_Lengkap]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_1908056123 - Riezki Sejati_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (9MB)
Abstract
Kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu emotional quotient intelligence, yang sangat berperan penting bagi keberhasilan seorang dalam hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adakah pengaruh emotional quotient intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis; (2) adakah pengaruh emotional quotient intelligence terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis; (3) adakah pengaruh emotional quotient intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematis secara bersama. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis anova dan manova. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan populasi siswa kelas X SMA Negeri 16 Semarang, sampel penelitian adalah siswa kelas X-1 dan X-3 yang berjumlah 72 siswa. Instrumen yang digunakan ada 2, yaitu angket untuk mengukur emotional quotient intelligence dan tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis serta pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh signifikan emotional quotient intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Negeri 16 Semarang; (2) terdapat pengaruh signifikan emotional quotient intelligence terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X di SMA Negeri 16 Semarang; (3) terdapat pengaruh signifikan emotional quotient intelligence terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep matematis siswa kelas X di SMA Negeri 16 Semarang secara bersama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Emotional quotient intelligence; Berpikir kritis; Pemahaman konsep matematis; Soal cerita |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 01:29 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 01:29 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27751 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year